Menjadi Pribadi yang Bermanfaat


“Jika hidup hanya sekedar hidup, babi di hutan juga hidup. Jika bekerja hanya sekedar bekerja, kera juga bekerja.”
(Buya Hamka)

Kembali teringat perkataan Buya Hamka diatas, sungguh menohok diri ini sendiri. Sadar bahwa dalam hidup ini belum banyak memberikan arti, warna, manfaat bagi kehidupan. Oh malangnya…

Teringat juga firman Allah dalam Al-Qur’an:
Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui." (Al- Baqarah 30)

Masya Allah, Allah telah memilih manusia menjadi seorang khalifah (pemimpin) di muka bumi. Bukannya malaikat yang senantiasa bertasbih kepada Allah, akan tetapi manusia yang dipilih oleh Allah.

Teringat pula ayat Allah berikut:
Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya (dan berkelengkapan sesuai dengan keadaannya). Kemudian (jika dia panjang umur sehingga tua atau menyalahgunakan kelengkapan itu), Kami kembalikan dia ke serendah-rendah peringkat orang-orang yang rendah”.  (Surah At Tiin, Ayat 4-5.)

Allah sudah memberikan kesempurnaan kebaikan dalam diri kita, Allah juga memberikan kita kemampuan memilih. Pilihan-pilihan kita itulah yang akan menjadikan siapa kita, baik atau buruk.

Sebenarnya, kalau kita renungkan, diri kita ini telah disiapkan menjadi pribadi yang tangguh. Sebenarnya tidak ada alasan lagi kita hidup cuma biasa-biasa saja, tidak berarti bagi lingkungan kita. Tinggal diri kita memilih apakah kita mau hidup memberi banyak manfaat bagi lingkungan kita.
Ya Allah, ampuni hamba menyia-nyiakan nikmatmu ini ya Allah…

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sehen, Pelita di Pelosok Nusa Tenggara Timur

Kemana Produk Pasutri Irex?

Kanker Serviks