Aku Ga Pengen Mbalik Nang Jowo...



Saya sengaja mengambil judul di atas, karena lucu...biasanya orang Jawa yang merantau ke daerah Luar Jawa pasti ingin kembali lagi ke dataran Jawa,... 
Awal cerita, ketika saya cari makan malam warung Ikan Bakar di Kupang, NTT yang jual berasal dari Lamongan, saya iseng-iseng tanya, "Bu ga pengen mbalik jowo ta?" Ibu yang berjualan menjawab "Nggak mas wis enak nang kene." (Nggak mas sudah enak disini.). Rata-rata setiap kali saya membeli makanan dimana yang jualan orang Jawa, saya tanya begitu, jawabannya seperti itu juga... Memang di Kupang kebanyakan penjual makanan adalah orang Jawa, mereka merantau karena memang ingin merubah nasib...
Sudah banyak yang sukses, punya mobil yang di atas rata-rata, rumah juga nilainya cukup mahal... Yaa, itulah buah keuletan dan kesabaran mereka, berani merantau, yang awalnya juga dari nol... Bahkan tetangga saya, orang madura, punya usaha warung juga, warungnya... yaa.. bisa dibilang kecil diujung gang, tapi bisa punya rumah senilai 400 juta, punya usaha angkot pula.. 
Memang orang merantau punya banyak alasan kenapa mereka merantau, tapi apapun alasannya, biasanya secara psikologis seorang perantau memiliki spirit survival yang cukup tinggi, inilah modal dasar yang cukup untuk sukses di tanah orang...
Bahkan Dahlan Iskan bilang, "Merantau itu penting. Kita akan terputus dengan lingkungan kelahiran kita,Karena terputus, orang bisa menemukan sesuatu yang baru dan lebih baik lagi."
Jadi jangan takut untuk merantau, banyak peluang di luar, dan Anda akan menemukan nuansa baru yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sehen, Pelita di Pelosok Nusa Tenggara Timur

Kemana Produk Pasutri Irex?

Kanker Serviks